11 Agustus 2012

Ayo Masak Nanbanzuke

こんにちは、みんなさん...!!!
お元気ですか。



Bulan ini sebagian besar penduduk Indonesia khususnya para muslim, pasti sedang melaksanakan ibadah puasa. Meskipun dalam masyarakat Jepang tidak ada budaya atau kepercayaan anjuran untuk berpuasa, ada istilah dalam bahasa Jepang yang bisa kita gunakan untuk mengungkapkan ‘puasa’ yaitu 断食danjiki.

Di saat berpuasa, pasti kita menginginkan menu makanan yang beragam untuk berbuka puasa setiap harinya bukan? Nah, oleh karena itu I’Mc Center sebagai lembaga kursus bahasa Jepang di Surabaya kali ini mencoba menghadirkan info yang lain dari biasanya, yaitu mencoba menyajikan salah satu resep masakan Jepang. Masakan Jepang yang berasala dari daerah Nagasaki ini cukup simpel cara pembuatannya maupun bahan serta bumbu dasar masakannya. Jadi kalau Minnasan ada yang hobi memasak atau hobi makan makanan Jepang, resep masakan berikut ini bisa di coba di rumah masing-masing lho.. ^_^. Nama masakannya adalah Nanbanzuke.

Baca Selengkapnya

Nanbanzuke merupakan sajian makanan yang berbahan dasar ikan kakap. Inti cara pengolahannya adalah dengan menggoreng ikan kakap tersebut dalam balutan tepung, kemudian diguyur dengan saus sambal khas Nanbanzuke. Dapat juga ditambahkan sayuran sesuai dengan selera masing-masing.

Berikut ini merupakan salah satu resep Nanbanzuke dari salah seorang juru masak muda bernama Shigeto Murakami. Shigeto Murakami bertugas di luar negeri sebagai anggota Seinen Kaigai Kyoryoku-tai atau relawan muda kerjasama Jepang. Pada tahun 2005 ia ditempatkan di Bali, tepatnya di kawasan Nusa Dua yang terletak anggun di atas perbukitan. Saat di Jepang, ia berprofesi sebagai juru masak masakan Perancis di sebuah hotel yang terletak di Sendai. Saat ditugaskan di Bali, akhirnya ia mengajar siswa-siswa tata boga di STP Bali. Mari kita simak resep Nanbanzuke berikut ini:

Bahan Bumbu:
1.       Air 300cc
2.       Cuka 40cc
3.       Gula 5 sendok teh
4.       Kecap asin 40cc
5.       Kecap manis 40cc
6.       Penyedap rasa
7.       Garam secukupnya
8.       Air jeruk keprok/ Pontianak dari 1 buah jeruk

Bahan:
9.       Ikan kakap 2 ekor, buang kulitnya, potong seberat 20gr
10.   Daun bawang 2 batang, diris serong 1cm
11.   Bawang merah 5 butir, dirajang
12.   Bawang putih 2 siung dicincang
13.   Sereh 2 batang
14.   Cabe merah 2 buah, diiris serong 3cm

Bahan tambahan:
-          Buncis dipotong-potong 5cm, direbus
-          Cabe rawait secukupnya
-          Jeruk nipis untuk pembangkit selera
-          Jeruk keprok/ jeruk Pontianak 1 buah dipotong besar-besar
-          Tepung terigu dan minnyak goreng secukupnya

Cara Membuat Masakan
Ikan:  bersihkan sisiknya, potong-potong 20 gr. Balurkan daging ikan dengan tepung beras.
Goreng dengan minyak panas (180°C) selama kurang lebih 3 menit lalu tiriskan minyaknya. Ikan yang sudah digoreng direndam ke dalam air cuka (selama semalam). Kalau bisa, simpan di kulkas, dan tutup rapat-rapat.
Campurkan semua  bumbu (dari no.1-no.8). Nyalakan api kompor, setelah kaldu dengan bumbu ini mendidih, padamkan api kompor. Masukkan bahan bumbu (dari no.9-no.14) ke dalam kuah ini.
















Cara menghidangkan:
Masukkan ikan yang sudah diacar (direndam cuka), bawang dan daun bawang, dimasukkan ke dalam kaldu berbumbu. Kemudian hiasi dengan buncis rebus, cabe rawit dan jeruk nipis.

Untuk membuat Nenbanzuke cukup simpel kan Minnasan? Resep Nenbanzuke ini sudah disesuaikan dengan resep masakan Indonesia. Hal ini bisa kita lihat pada bahan bumbu yang digunakan, yaitu tanpa menggunakan komposisi bumbu khas Jepang yaitu mirin atau sake manis. Selain itu juga digunakan salah satu bahan khas dari Indonesia yaitu jeruk keprok atau jeruk Pontianak.

Ok Minnasan..
Itadakimasu..!!!

Sumber: Aneka Jepang edisi 312 Tahun 2005 (3)
Sumber Gambar: http://www.sirogohan.com/sakenanban.html


Mari belajar Bahasa Jepang di Surabaya
bersama I'Mc Center Surabaya!!! \(^0^)/


0 comments:

Posting Komentar