4 Mei 2015

PENDAFTARAN BEASISWA PEMERINTAH JEPANG BAGI LULUSAN SMA ATAU SEDERAJAT (KEBERANGKATAN TAHUN 2016)

Beasiswa Pemerintah Jepang (MONBUKAGAKUSHO)



Pada saat ini sekitar 2500 siswa Indonesia tengah melanjutkan pendidikannya di Jepang. Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah mereka yang menerima beasiswa, baik dari pemerintah Jepang, instansi maupun perusahaan lainnya. Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan apapun. 

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Konsulatnya di Surabaya, Medan dan Makassar setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Adapun program-program yang ditawarkan kepada siswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SLTA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.

Berikut ini tersedia informasi  PENDAFTARAN BEASISWA PEMERINTAH JEPANG BAGI LULUSAN SMA ATAU SEDERAJAT UNTUK KEBERANGKATAN TAHUN 2016:



Program S1, D3, D2
(untuk Lulusan SMA dan Sederajat)

(Masa pendaftaran Periode 1 (lulusan 2014 dan sebelumnya) 4 - 21 Mei 2015.
Untuk periode 2 (hanya lulusan 2015) 25 Mei - 11 Juni 2015


Program ini ditujukan untuk siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas (SLTA) untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1), College of Technology (D-3) atau Specialized Training College (D-2) di Jepang mulai tahun akademik 2016 (April 2016). 
Pelamar hanya bisa memilih 1 (satu) program dari S-1, D-3, atau D-2.


PROGRAM
1.Undergraduate (S-1)
Masa studi 5 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang (kecuali jurusan kedokteran umum, gigi, hewan, dan sebagian farmasi lama masa studi adalah 7 tahun).


  • Syarat:
    lulus SMA; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,4; lahir antara 2 April 1994 sampai dengan tgl. 1 April 1999. Bagi pelamar yang memilih bidang studi S-1 IPS, bisa mendaftar dengan JLPT level N3 atau lebih (bagi yang memiliki JLPT). Pelamar SMA jurusan IPS/ Bahasa tidak bisa mendaftar bidang studi IPA, tetapi pelamar SMA jurusan IPA bisa mendaftar IPS atau IPA.


  • Materi ujian tertulis:
    IPS-a,b:Bahasa Inggris, Matematika, dan Bahasa Jepang (bagi pendaftar dengan JLPT)
    IPA-a:Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Fisika
    IPA-b,c:Bahasa Inggris, Matematika, Kimia, dan Biologi


  • Pilihan Bidang Studi (terbagi dalam 5 lingkup Bidang Studi Utama): 
    Pelamar hanya bisa memilih salah satu saja diantara 5 lingkup bidang studi utama di bawah.
    IPS-a:
    Law, Politics, Pedagogy, Sociology, Literature, History, Japanese language, others.
    IPS-b:
    Economics, Business Administration
    IPA-a:
    Science (Mathematics, Physics, Chemistry), Electric and Electronic Studies (Electronics, Electrical Engineering, Information Engineering), Mechanical Studies (Mechanical Engineering, Naval Architecture), Civil Engineering and Architecture (Civil Engineering, Architecture, Environmental Engineering), Chemical Studies (Applied Chemistry, Chemical Engineering, Industrial Chemistry, Textile Engineering), other fields (Metallurgical Engineering, Mining Engineering, Maritime Engineering, Biotechnology).
    IPA-b:
    Agricultural studies (Agriculture, Agricultural Chemistry, Agricultural Engineering, Animal Science, Veterinary Medicine, Forestry, Food Science, Fisheries), Hygienic studies (Pharmacy, Hygienics, Nursing), and Science (Biology).
    IPA-c:Medicine; Dentistry
    2.College of Technology (D-3)
    Masa studi 4 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. College of Technology memiliki program 5 tahun yang dirancang bagi lulusan SMP. Siswa penerima Beasiswa Monbukagakusho (lulusan SMA dan sederajat) akan masuk College of Technology sebagai mahasiswa tahun ketiga. Studi teknik sebagian besar terdiri dari eksperimen / percobaan dan latihan-latihan praktek. Lulusan dari sekolah ini diharapkan menjadi ahli teknik (engineer).


  • Syarat:
    lulusan SMA dan sederajat, jurusan IPA saja; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1994 sampai dengan tgl. 1 April 1999


  • Materi ujian tertulis:
    Matematika dan Kimia/ Fisika (sesuai dengan kategori jurusan seperti tertulis di bawah)


  • Pilihan Bidang Studi:
    * Hanya dapat memilih salah satu saja antara Kimia atau Fisika
    Kimia:Materials Engineering
    Fisika:
    Mechanical Engineering, Electrical and Electronic Engineering, Information-Communication and Network Engineering, Architecture, Civil Engineering, Maritime Engineering, Other Fields
    3.Specialized Training College (D-2)
    Masa studi 3 tahun termasuk 1 tahun belajar Bahasa Jepang. Specialized Training College terpisah dari sistem pendidikan Jepang yang biasa. Sekolah ini menawarkan pelatihan praktis kejuruan.


  • Syarat:
    lulusan SMA dan Sederajat; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,0; lahir antara tgl. 2 April 1994 sampai dengan tgl. 1 April 1999. Bagi pelamar yang nilai rata-rata Ujian Nasional dibawah 8,0, dapat melamar program D-2 dengan melampirkan Japanese Language Proviciency Test (JLPT) level N4 atau lebih (bagi yang memiliki JLPT).


  • Materi ujian tertulis:
    Bahasa Inggris, Matematika, dan Bahasa Jepang (bagi pendaftar dengan JLPT)


  • Pilihan Bidang Studi:
    * Hanya dapat memilih satu bidang studi di bawah.
    - Technology
    - Personal Care and Nutrition
    - Education and Welfare
    - Business
    - Fashion and Home Economics
    - Culture and General Education
    - Other Fields
    Catatan :
    1.
    Bagi sekolah yang tidak menggunakan standar nasional (misalnya dengan standard IB/Internasional), nilai akan disetarakan sesuai di atas. Maka bagi pelamar dengan latar sekolah sistem Internasional, diharap menyertakan rapor dari semester awal hingga akhir.
    2.Semua soal ujian dalam bahasa Inggris.
    3.
    Lulusan dari S-1 bisa meneruskan ke S-2, dan lulusan D-3 dan D-2 bisa meneruskan ke S-1 sebagai siswa tahun ketiga. Namun untuk melanjutkan beasiswa, tergantung pada prestasi dan hasil seleksi. Para siswa tentunya harus mengikuti ujian masuk dan masa perpanjangan beasiswa maksimal 2 tahun.


    FASILITAS
    1. Biaya kuliah/pendidikan 100% dicover
    2. Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) - Jepang
    3. Tunjangan ¥117.000/bulan (Besar tunjangan tahun 2015. Untuk tahun 2016 dan tahun selanjutnya ada kemungkinan mengalami perubahan)
    4. Tanpa ikatan dinas

    MASA PENDAFTARAN
    Tahap I : Bagi pelamar lulusan tahun 2014 dan tahun sebelumnya. (Tidak untuk lulusan tahun 2015)
    Pendaftaran Tahap I: 4 Mei 2015 - 21 Mei 2015


    Tahap II : Bagi pelamar lulusan tahun 2015 saja. (Tidak untuk lulusan tahun 2014 dan tahun sebelumnya)
    Pendaftaran Tahap II: 25 Mei 2015 - 11 Juni 2015


    PROSEDUR SELEKSI
    1. Pengumuman seleksi dokumen akan ditampilkan di website kedutaan Jepang tanggal 1 Juli 2015 (Rabu Siang). Bagi yang lolos seleksi dokumen akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis di Jakarta/ Surabaya/ Medan/ Makassar, pada tanggal 9/ 10 Juli 2015. (Kurang lebih 1500 pelamar akan dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis)
      *Tidak semua pelamar akan lolos seleksi dokumen dan dipanggil ujian tertulis.*
    2. Mereka yang lolos ujian tertulis akan dipanggil untuk wawancara di Jakarta pada bulan Agustus 2015. (Kurang lebih 150 pelamar yang lolos ujian tertulis akan dipanggil untuk wawancara).
    3. Setelah seleksi wawancara kami akan mekomendasikan pelamar ke Monbukagakusho sebagai calon kandidat dari Indonesia, dan berkasnya akan bersaing dengan berkas pelamar dari negara lain yang juga direkomendasikan ke pihak Monbukagakusho dalam penyeleksian nilai dan berkas tahap akhir di pihak Monbukagakusho.
    4. Mereka yang lolos seleksi akhir di Monbukagakusho akan menjadi penerima beasiswa. Pengumuman akhir penerima beasiswa diumumkan pada bulan Januari 2016. Bagi peserta yang lolos, akan berangkat ke Jepang pada awal April 2016. 
    PROSEDUR PENDAFTARAN
    1. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan di atas saja yang boleh mendaftar.
    2. Mengisi formulir aplikasi yang dapat didownload di sini:
      Formulir Aplikasi Program S-1 (doc)
      Formulir Aplikasi Program D-3 (doc)
      Formulir Aplikasi Program D-2 (doc)

      Untuk pengisian Field of Study and Majors and Related Key Terms in Japan (pertanyaan no. 7 pada formulir), dapat dilihat di:
      Field of Studies S1 (PDF)
      ANNEX D3 (PDF)
      ANNEX D2 (PDF)

    3. Lakukan registrasi secara online melalui link berikut (http://register.beasiswamext.or.id), lalu cetak/print out e-mail konfirmasi registrasi online yang dikirimkan ke e-mail pelamar.
    4. Siapkan dokumen masing-masing 1 rangkap:
           Jangan melampirkan dokumen yang tidak diminta.
      1. formulir aplikasi yang sudah diisi *wajib*
      2. lembar printout konfirmasi registrasi online *wajib*
      3. fotokopi Ijazah/Ijazah sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah *wajib*
      4. fotokopi SKHUN/SKHUN sementara yang dilegalisir/dicap basah dari sekolah *wajib*
      5. fotokopi sertifikat kemampuan Bahasa Jepang (JLPT) *bagi yang sudah memiliki saja*
        Kirim via pos atau antar langsung dokumen di atas ke:
        Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
        Jl. M.H.Thamrin 24 Jakarta 10350

        (Cantumkan kode “SMA-2016” pada Kanan Atas Amplop)
    5. Dokumen harus sudah tiba di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat:
      1. Tanggal 21 Mei 2015 untuk pelamar Tahap I.
      2. Tanggal 11 Juni 2015 untuk pelamar Tahap II.
    6. Hanya pelamar dengan dokumen lengkap dan kami terima sebelum deadline saja yang akan kami proses. Dokumen yang dikirimkan tidak akan dikembalikan dengan alasan apapun.
    Untuk pertanyaan, silakan menghubungi Kedutaan Besar Jepang (Bagian Pendidikan: beasiswa@dj.mofa.go.jp)


    Link terkait contoh soal tes tulis Monbukagakusho:
    http://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html

    Link info lengkap dari Kedutaan Besar Jepang:
    http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_slta.html 

    ☆Link MEXT: 
    http://www.mext.go.jp/english/highered/1303739.htm 

    ☆Link JLPT (Japanese Language Proficiency Test):



    Mari belajar Bahasa Jepang di Surabaya
    bersama I'Mc Center Surabaya!!! \(^0^)/

    いっしょに勉強しましょう

    -I’Mc Center Surabaya-

    4 komentar:

    1. Kalau kita ingin ikutan tes yg ips tapi kita ga punya sertifikat jltp nya gimana? Sedankan saya dari smk ips

      BalasHapus
    2. Selamat siang,
      Terimakasih atas pertanyaannya.
      Tapi maaf sekali, kami hanya bertugas sebagai penyebar informasi saja.

      Untuk detail syarat mengikuti beassiwa ini, silakan secara personal langsung menghubungi pihak yang berwenang sepenuhnya, yaitu Kedutaan Besar Jepang (Bagian Pendidikan: beasiswa@dj.mofa.go.jp) Telfon Tel. +62-21 3192-4308 (hunting system)

      Terimakasih
      I'Mc Center Surabaya

      BalasHapus
    3. @muhammad abaz,Terimakasih sudah mengunjungi blog kami, I'Mc Center Surabaya.
      Salam sukses untuk kita semua.. (^^)

      BalasHapus
    4. Maaf saya ingin menanyakan apakah Program Teacher Training untuk tahun 2016 telah di buka?

      Terima kasih

      BalasHapus

     
    $("#zoom_07").elevateZoom({ zoomType : "lens", lensShape : "round", lensSize : 200 });