17 April 2015

Camilan dari Jepang 'Nihon no Oyatsu' 日本のおやつ (1) Dango 団子

Istilah Oyatsu  おやつ bermula dari cara pembagian waktu Jepang pada jaman dahulu, menunjukkan sekitar pukul 14:00~15:00 yang mana digunakan oleh orang Jepang untuk makan camilan atau snack. Oleh karena itu, saat ini istilah Oyatsu  lebih mengarah pada arti "camilan atau snack".

Kami akan memperkenalkan beberapa makanan yang unik serta kue Jepang tradisional sebagai makanan Oyatsu orang Jepang:

1. Dango 団子

varian 団子 'dango'
Kata 団子 ‘dango’ berasal dari gambaran bentuk bola atau sesuatu yang berbentuk bulat dan lebar. Tetapi, ketika kita hanya mengatakan kata “dango” saja, biasanya akan merujuk pada “dango” sebagai nama kue Jepang. Dango merupakan kue yang dibuat dari tepung beras yang ditambahkan air, kemudian diuleni sehingga menjadi bulatan-bulatan kecil yang selanjutnya direbus dalam air, setelah matang ditusuk menggunakan tusuk bambu seperti sate. Biasanya, dalam satu tusuk terdapat 3 hingga 4 biji dango. Pada umumnya dango disajikan dengan siraman saus kedelai atau anko (kacang merah yang dihaluskan). 


Keunggulan dango adalah, kue ini bisa praktis dibawa dan dimakan dimanapun saja, dan selalu tersedia di seluruh penjuru negara Jepang. Harganya juga murah, berkisar 80 Yen (± Rp 8.000,-)  hingga 150 Yen (± Rp150.000,-) per tusuknya.

Makan makanan yang lezat sambil menikmati keindahan pemandangan alam merupakan cara orang Jepang untuk menikmati keindahan musim. Karena kecintaan orang Jepang terhadap daya tarik dango, maka muncullah istilah peribahasa yang menggunakan kata dango, yaitu 花より団子 ‘hana yori dango’ . Beribahasa ini bearti “rupa mengalahkan rasa”, 花 hana yang berarti "bunga" yang mewakili arti rupa atau penampilan yang indah, sedangkan rasa diidentikkan dengan kata 団子 ‘dango’ yang kelezatannya disuka oleh banyak orang.

Ada beberapa macam dango:

1. のり巻団子 ‘norimaki dango’


Dango yang dibuat dengan cara dibakar kemudian dituangkan kecap asin di atasnya, kemudian dibalut dengan nori atau rumput laut kering.


2. あんこ団子 ‘anko dango’


Dango dengan siraman anko atau kacang merah yang sudah dihaluskan.


3. みたらし団子 ‘mitarashi dango’


Dango yang dibakar dalam waktu yang singkat dan dituangkan kecap asin yang rasanya sedikit manis di atasnya.


4. 草団子 ‘kusa dango’


Dango yang terbuat dari bahan campuran daun ヨモギ ‘yomogi’ (daun mugwort sejenis tumbuhan aromatic biasa digunakan untuk obat-obatan) disertai siraman dengan anko.


5. ごまだれ団子 ‘gomadare dango’


Dango dengan siraman 垂れ ‘tare’ atau saus kedelai yang dibuat dari campuran gula dan tumbukan wijen hitam.


Sumber Artikel:
日本語ジャーナル. 平成15年4月1日発行


2 komentar:

  1. Wah oishisoo, enak sekali kelihatannya, beli nya dimana ya?

    BalasHapus
  2. Bisa dibeli di supermarket Jepang (Daiso atau Papaya) yang ada di kawasan tempat tinggal anda.. :)

    BalasHapus