18 Mei 2018

Asia Bridge Program Universitas Shizuoka

ASIA BRIDGE PROGRAM UNIVERSITAS SHIZUOKA

1 / 4
2 / 4
3 / 4
4 / 4


Pendidikan di Indonesia memang tak kalah dengan luar negeri tetapi, tidak sedikit yang ingin menempuh pendidikan di luar. Mungkin terdapat beberapa alasan, salah satunya tenaga ahli. Tidak semua bidang pendidikan di Indonesia mempunyai tempat belajar dengan tenaga ahli yang memadai. Salah satu tujuan favorit untuk melanjutkan pendidikan adalah Jepang.

Jepang sangat terbuka kepada warga asing yang ingin belajar di sana. Banyak sekali sekolah-sekolah lanjutan yang membuka program internasional untuk para pelajar asing. Jika membicarakan mengenai perguruan tinggi di Jepang, maka akan banyak sekali nama-nama yang muncul, salah satunya adalah Universitas Shizuoka. Apakah kawan-kawan sudah mengenal Universitas Shizuoka?

Universitas Shizuoka

Salah satu universitas yang bisa dijadikan tujuan menempuh pendidikan lanjutan adalah Universitas Shizuoka. Universitas ini terkenal unggul dalam bidang teknik. Beberapa nama hebat lahir dari sini seperti, Bapak Televisi Jepang; Kenjiro Takayanagi, Pendiri Honda; Soichiro Honda, dan Pendiri Hamamatsu Photonics; Heihachiro Horiuchi. Universitas Shizuoka juga bekerjasama dengan beberapa perusahaan, salah satunya Yamaha Motor Co., Ltd.

Universitas Shizuoka termasuk dalam jajaran perguruan tinggi unggul di Jepang. Menurut Thomson Reuters Science Watch Report, Universitas Shizuoka adalah institusi dengan pengaruh tinggi dalam sains. Selain itu, Pusat Pendidikan dan Penelitian Nanovision Science adalah bagian dari program Japan Society of the Promotion of Science (JPSS). Fakultas Informatika di Universitas Shizuoka juga diakui sebagai program pendidikan universitas khusus oleh Kementrian Pendidikan Jepang.

Terdapat enam fakultas di Universitas Shizuoka yaitu; Ilmu Sosial dan Kemanusiaan, Pendidikan, Informatika, Sains, Teknik, dan Pertanian. Universitas Shizuoka terbagi menjadi dua lokasi kampus yaitu, Shizuoka dan Hamamatsu. Fakultas Teknik dan Informatika berada di kampus Hamamatsu. Universitas Shizuoka adalah Universitas Nasional. Kementrian Pendidikan Jepang memastikan kualitas pendidikan yang lebih tinggi di universitas nasional. Universitas Shizuoka juga menawarkan program bantuan pendidikan bagi mahasiswa asing yaitu, Asia Bridge Program.

Asia Bridge Program

Asia Bridge Program adalah program kolaborasi industri-akademi di Universitas Shizuoka. Program ini ditujukan untuk mahasiswa asing dari beberapa Negara yaitu; Indonesia, India, Thailan, dan Vietnam. Asia Bridge Program bisa terwujud berkat kerjasama erat dengan perusahaan global. Kurikulum program ini menekankan pada pendidikan antar-disiplin yang seimbang dengan fokus pada kombinasi keahlian teknis, kepiawaian dalam praktik bisnis, berpikir ilmiah, dan keterampilan interpersonal sehingga para siswa tumbuh sebagai penghubung antara Shizuoka dengan negara asal mereka.

Asia Bridge Program (ABP) menyediakan bantuan menyeluruh mulai dari awal masuk dan kehidupan kampus hingga karir pasca-kelulusan. ABP adalah program empat tahun yang dimulai pada bulan Oktober dengan satu semester pelatihan bahasa intensif. Kurikulum kolaborasi industri-akademi yang unik ini menghubungkan siswa dengan pilihan luas perusahaan global melalui sejumlah kegiatan yang diadakan oleh pakar bisnis dari perusahaan.

ABP menyediakan bantuan finansial bagi seluruh mahasiswa. Selain bebas biaya pendaftaran dan biaya masuk, ABP juga menjamin pembebasan biaya kuliah tahun pertama. Bantuan untuk tahun-tahun berikutnya meliputi pembebasan biaya kuliah dan biaya lainnya sebesar 50% atau 100% berdasarkan penilaian tahunan terhadap kinerja akademik individual tahun sebelumnya. Tersedia juga uang saku ABP bulanan untuk semua mahasiswa tahun pertama serta peluang pendanaan lain yang disponsori pemerintah dan perusahaan. Kawan-kawan juga tidak perlu ke Jepang sebelum tahun ajaran baru karena, ujian masuk diadakan di negara masing-masing.

Program ABP tidak hanya tersedia untuk jenjang S1, untuk program kuliah lanjutan pun juga tersedia. Dengan adanya Asia Bridge Program, cita-cita untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri semakin mudah diwujudkan. Selain itu, kawan-kawan juga akan lebih siap menghadapi dunia industri. Ayo ke Shizuoka!

http://www.abp.icsu.shizuoka.ac.jp/eng/

0 comments:

Posting Komentar

 
$("#zoom_07").elevateZoom({ zoomType : "lens", lensShape : "round", lensSize : 200 });