8 November 2017

I’Mc Center Surabaya goes to Bon Odori Festival Surabaya

Pada pertengahan bulan Oktober, Surabaya Japanese School mengadakan Festival Bon Odori yang berlangsung pada malam hari. Festival Bon Odori ini diadakan setahun sekali dan berlangsung di lapangan Sekolah Surabaya Japanese School.

I’Mc Center Surabaya berkesempatan mengikuti kegiatan ini pada tiap tahunnya dan mengajak murid murid untuk merasakan kemeriahan festival tarian ala Jepang dan juga mencicipi berbagai makanan maupun permainan khas dan tradisional Jepang. Kali ini akan kami sertakan kesan kesan dari dua orang murid IMc Center Surabaya.



Erlangga dan Saza, siswa & siswi I'mc Center di SJS Surabaya


Kesan dari Salza (Murid I’Mc Center Surabaya)



Bon Odori

Bon Odori (“盆踊り”/“tarian Bon”) adalah tarian dengan gaya khusus yang ditampilkan selama Obon. Tarian ini diikuti dengan cara membuat lingkaran lalu melakukan gerakan-gerakan tarian secara bersamaan sambil mengelilingi panggung kayu yang disebut yagura di mana terdapat orang yang memainkan musik di panggung tersebut dengan alat musik tradisional. Bon Odori sendiri sering diselenggarakan di Jepang pada saat musim panas namun saat ini banyak juga diselenggarakan di beberapa negara seperti di Indonesia lebih tepatnya di kota Surabaya.

Bon Odori di Surabaya tidak jauh berbeda dengan bon odori di Jepang, Bon Odori ini diselenggarakan oleh Surabaya Japanese School setiap tahunnya. Murid murid bersama guru dan staff Surabaya Japanese School menggunakan yukata memulai gerakan tarian tarian tersebut. Tidak sembarang orang bisa ikut, hanya orang orang yang mendapatkan tiket saja yang bisa mengikuti festival ini.



Kesan dari Erlangga (Murid I’Mc Center Surabaya)

Waktu aku pertama kali masuk ke halaman tempat acaranya, aku pertama kali di sambut sama aroma makanan khas Jepang yang wanginya menggugah selera. Banyak banget yang jual makanan, ada juga tempat mainan buat anak anak. Lucu liat anak anak kecilnya, apalagi yg pake yukata khas musim panas di Jepang. Di sana tarian Bon Odori dilaksanakan 3 kali dengan cara mengelilingi Taiko alat musik khas Jepang.

Awal awal acaranya aku antusias banget, rasa penasaran ku tinggi pingin coba ini itu tapi lama lama aku paling tergoda sama aroma makanannya, aku nyobain kue dango yang sama beli takoyaki. Kue dango nya kenyel kenyel manis kalau takoyaki nya panas rasanya enak banget apalagi abon yg dari ikannya.Yang bikin ini jadi pengalaman bagus itu karena hampir semua nya orang orang jepang, jadi rasanya kaya gimana gitu dah. Sebenernya aku pingin ngobrol sama orang jepangnya tapi apalah daya yang masih pemula ini wkwkw, tapi tenang waktu beli takoyaki aku ngomongnya pake bahasa jepang kok, good sekali kan biarpun masih kaku.

Aku juga dapet foto bareng sama anak anak kecil yg make kimono, bareng temen temen sama guru dari IM'C sewaktu selesai tarian yang terakir. Aku juga dapet belajar origami, belajar buat kimono sebelum pulang dari bon odori. Ga susah susah amat sih sebenernya kalau ngikutin intruksinya. Kagum aku sama yang jago origami, dari kertas kotak gitu bisa di jadiin macem macem bentuk, kreatif banget.Banyak banget aku dapet pengalaman dari festival bon odori, good sekali lah pokoknya



Nah, bagi pengajar I’Mc Center Surabaya pun Bon Odori kali ini terasa menyenangkan karena dapat mengenalkan kebudayaan Jepang secara langsung walaupun tidak perlu pergi ke Jepang setidaknya dengan kegiatan Bon Odori ini minat murid murid semakin bertambah terhadap bahasa dan budaya Jepang. itulah keseruan Bon Odori di Surabaya Japanese School tahun ini. Semoga tahun depan juga masih dapat mengikuti kegiatan Bon Odori bersama murid murid I’Mc Center Surabaya !

0 comments:

Posting Komentar

 
$("#zoom_07").elevateZoom({ zoomType : "lens", lensShape : "round", lensSize : 200 });