16 September 2015

OPEN RECRUITMENT FOR VOLUNTEER SURABAYA NIHON MATSURI II


Apakah matsuri itu? Matsuri (祭り) berarti festival atau perayaan di Jepang. Dalam agama Shinto matsuri sendiri berarti persembahan ritual untuk Kami (/kami-sama=dewa). Berbagai matsuri diselenggarakan sepanjang tahun di berbagai tempat di Jepang. Sebagian besar penyelenggara matsuri adalah kuil Shinto atau kuil Buddha. Walaupun demikian, ada pula berbagai "matsuri" (festival) yang bersifat sekuler dan tidak berkaitan dengan institusi keagamaan. 
Surabaya Nihon Matsuri (SNM) sendiri merupakan acara festival kebudayaan, yang diselenggarakan oleh masyarakat Jepang yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya, serta bekerja sama dengan mahasiswa dari berbagai macam universitas, yaitu Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Dr. Soetomo (UNITOMO), Universitas Kristen Petra (UK Petra), Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM), Universitas Brawijaya (UB), dan juga dari individu maupun komunitas pecinta budaya Jepang. Berbagai pihak turut bekerja sama dalam pembentukan acara ini, baik sebagai panitia, penasihat, sponsor, maupun media partner.

Dalam menentukan tema SNM yang pertama, yaitu SNM 2015, kami memilih tema 「紅白」 atau "Merah-Putih". Hal ini terinspirasi dari kesamaan warna yang ada pada bendera kedua Negara yaitu bendera Negara Jepang dan bendera Negara Indonesia. Hal ini juga merupakan simbol kerja sama antar kedua Negara. Kami berharap dengan adanya acara ini Indonesia dan Jepang, dapat saling mengenal budaya masing-masing, mendukung dan melengkapi dengan hal-hal baik yang dimiliki kedua Negara, serta menjalin hubungan persahabatan yang lebih erat lagi di antara keduanya. Logo yang terdapat pada website ini didesain oleh salah satu anggota Konsulat Jenderal Jepang Surabaya, Bapak Masaharu Nomiya. Dalam logo ini, terdapat simbol "suro" dan "boyo", serta nama event "Surabaya Nihon Matsuri" beserta tulisan dalam bahasa Jepang dan terjemahannya. Warna pink yang menjadi ciri khas logo ini adalah percampuran warna merah dan putih dari bendera kedua negara.

Kemudian, terinspirasi oleh hal tersebut, panitia membuat maskot "Suro-kun" dan "Boyo-chan". "Suro-kun" digambarkan sebagai seorang anak laki-laki yang berkostum suro, sementara "Boyo-chan" digambarkan sebagai seorang anak perempuan berkostum boyo. Mereka berdua melambangkan kota Surabaya. Sementara itu, sebagai latar belakang adalah gambar matahari terbit, yang merupakan simbol dari Negara Jepang.


Poster SNM pertama

------------------------------------------------------------

Surabaya Nihon Matsuri yang pertama sudah sukses diselenggarakan pada tanggal 22 Februari 2015. 
Untuk kali ini telah dibuka peluang volunteer panitia SURABAYA NIHON MATSURI II
Bagi yang ingin menjadi bagian dari panitia, silakan bergabung dengan cara mendaftarkan diri via email yang telah tercantum di poster recruitment ya~~
Terimakasih..


NB:
- Untuk job descripsi masing masing divisi akan dijelaskan pada first meeting member panitia.
- Acara akan diselenggarakan pada bulan Februari 2016.
- Acara ini didukung oleh Konsulat Jendral Jepang Surabaya.


Source:
http://www.surabayanihonmatsuri.com/aboutus.html


Mari belajar Bahasa Jepang di Surabaya
bersama I'Mc Center Surabaya!!! \(^0^)/


0 comments:

Posting Komentar