24 Juni 2015

水無月 MINAZUKI- Sebutan Bulan Juni di Jepang



水無月 MINAZUKI merupakan sebutan Bulan Juni di Jepang. Bulan Juni merupakan bulan masuknya musim penghujan, kecuali untuk kawasan Hokaidou. Akan tetapi, jika pada bulan ini jumlah air sedikit, maka akan memberikan pengaruh pada tumbuhan pertanian dan juga menimbulkan kekurangan air pada saat musim panas. 

Pada bulan Juni, di Jepang tidak terdapat libur, serta perayaan festival yang besarpun jarang dilaksanakan. Tingkat kelembaban udara dan suhu udara semakin tinggi, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa pada bulan ini akan menjadi permulaan musim panas yang terasa sedikit berat bagi orang yang belum terbiasa dengan musim panas di Jepang.


Ada beberapa istilah yang berkaitan dengan bulan Juni, antara lain:
1. Sebutan bulan Juni

Bulan Juni disebut juga 水無月minazuki , berasal dari kata 水の月 mizu no zuki . Hal ini disebabkan karena tumbuhan tidak akan bisa tumbuh jika kekurangan air pada bulan ini.

2. Kebiasaan di bulan Juni
Terdapat istilah 衣替え koromo gae  yang jatuh pada tanggal 1 Juni, yang bearti musim pergantian pakaian. Pada bulan Juni, tepatnya pada  tanggal 1 Juni menjadi awal hari di mana ada pergantian seragam siswa siswi di sekolah, seragam polisi dan sebagainya menjadi seragam musim panas. Di rumah-rumahpun macam pakaian musim panas juga mulai memenuhi deretan isi lemari baju.





3. Hari Peringatan di Bulan Juli
Terdapat 沖縄慰霊の日 Okinawa Irei no Hi  yang merupakan Okinawa Memorial Day, berawal dari  berakhirnya perang di daratan Okinawa pada tanggal 23 Juni 1945. Pada tanggal ini dilaksanakan upacara untuk memohon kedamaian bagi 200.000 jiwa orang yang telah menjadi korban perang tersebut.





4. Pembagian waktu dan astronomi
Terdapat istilah 二十四節気 ni juu shi sekki yang erupakan awal pembagian waktu 4 musim dalam 1 tahun di Jepang. Awal dari pembagian waktu 24 jam dalam 1 hari untuk tahun matahari.

芒種 boushu merupakan waktu yang tepat untuk mulai menanam padi atau gandum 
(6 Juni).

夏至 geshi merupakan istilah untuk menyatakan fenomena alam di bulan Juni, di mana matahari terletak paling tinggi di  atas belahan utara bumi sehingga menyebabkan waktu siang memiliki durasi lebih lama dalam satu hari (22 Juni).  

参考文献:
日本語ジャーナル平成15年6月1 日発行

0 comments:

Posting Komentar