12 Maret 2012

Filosofi Sadō 茶道


              Upacara minum teh yang di Jepang dikenal dengan istilah sadō atau chanoyu, telah dihargai sebagai sebuah seni yang lebih disukai oleh wanita. Namun, dalam perkembangan trendnya, sejumlah kaum pria mampir di sebuah salon upacara minum teh dalam perjalanan mereka sepulang dari kantor. Kelas-kelas yang mengajarkan kebudayaan Jepang lainnya  seperi ikebana (seni merangkai bunga) dan instrumen musik tradisional seperti samisen kini juga menarik lebih banyak perhatian pria. Gambaran keseluruhannya adalah para pria ini kembali mendatangi seni tradisional yang telah mendukung Jepang secara spirit sekian lama.

          Dasar dari Sadō (yang artinya the way of tea) terletak pada kebiasaan sederhana merebus air, menyiapkan bubuk teh hijau, menyajikannya kepada tamu dan meminumnya sendiri. Dalam sejarahnya lebih dari 5 abad, the way of tea itu sendiri tergabung dalam filosofi Budha Zen dan diilhami dalam sebuah semnagat yang halus. Sadō juga telah mengambil sebuah karakter seni yang tinggi, bersyukur pada pengejaran akan keindahan dan peralatan yang tua dihargai dan ditangani dengan sangat hati-hati sehingga mereka tidak akan kehilangan kilaunya sepanjang masa. Etika dari sadō adalah rinci dan pasti, namun dalam dan tidak mudah dipahami.


          Filosofi  sadō digambarkan dalam istilah yang disebut dengan wakei-seijaku. Wa menandakan membuka hati satu dengan yang lainnya dan kemudian menjadi ramah. Kei mewakili saling menghormati, Sei menggambarkan kebersihan dan kemurnian, tidak hanya pada hal-hal yang dapat dilihat mata namun juga pada spirit. Jaku menunjukkan tetap tenang dalam situasi apapun. Wabi dan sabi adalah dua kata yang terkenal dan setara dengan the way of tea. Wabi menyatakan ide daripada kemurnian jiwa dibandingkan dipenuhi dengan kesenangan jasmani. Sabi merujuk pada keluruhan masyarakat dunia dimana seseorang mencari kesederhanaan, kemurnian dan jalan-jalan keluhuran hidup.

              Ichigo-ichie adalah ekspresi terkenal lainnya dalam sadō. Itu berarti baik yang menjamu dan tamu yang jamu, harus mengambil bagian dalam upacara dengan sepenuh hati, mengingat bahwa hidup selalu berubah dan tidak pasti. Upacara jamuan teh yang dilakukan pada suatu hari yang khusus, merupakan peristiwa yang unik dan tidak akan pernah terjadi lagi.



              Diwariskan dari generasi ke generasi lewat praktek beragam sekolah teh di Jepang, prinsip-prinsip tersebut telah lama menjadi pilar penting dalam semangat Jepang. Ketertarikan yang ditunjukkan para businessman di abad 21 terhadap jamuan teh mendemonstrasikan hubungan prinsip-prinsip ini tanpa mengenal waktu.Seperti sadō berkembang di bawah perlindungan samurai yang mencari kesembuhan spiritual dan latihan ketika mereka cemas karena peperangan atau saat kehilangan arah, maka tidaklah mengejutkan jika pria Jepang kembali ke ruang teh untuk mendapatkan semangat yang sama.


Upacara sado dilakukan secara lembut dan seksama pada setiap gerakan dalam keheningan. Inilah esensi dari sado, dimana penemuan ketenangan jiwa adalah tujuan utamanya.





Sumber

0 comments:

Posting Komentar

 
$("#zoom_07").elevateZoom({ zoomType : "lens", lensShape : "round", lensSize : 200 });